Tuesday, January 8, 2008

SISTEM KENDALI ROBOT JARAK JAUH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WI-FI



I. Deskripsi
Pada saat ini, teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. Komunikasi data yang cepat dan praktis dicari untuk kemudahan kita.
Dengan menggunakan teknologi yang sudah ada sekarang ini, kami mencoba membuat aplikasi yang bisa mengendalikan robot dari jarak jauh/tertentu, yaitu menggunakan Wi-Fi Technology.

II. Apa yang kita lakukan ?
Selama ini, perkembangan teknologi Wi-Fi banyak digunakan untuk komunikasi data. Misalnya penggunaan Blue Tooth yang ada pada telepon selular, atau komputer yang menggunakan teknologi wireless..
Saat ini, kami mencoba untuk menggunakan teknologi Wi-Fi secara maksimal untuk aplikasi sistem kendali pada robot dari jarak jauh.

III. Bagaimana konsep aplikasi sistem kendali pada robot dari jarak jauh ?
Konsep yang kami tawarkan adalah pengunaan teknologi Wi-Fi pada robot penjelajah (gambar.1). Kami mengembangkan sistem kendali dengan penggunaan software Visual Basic (VB) sebagai interface ke Wi-Fi dapat digunakan pada robot pengintai.
Gambar1. Robot penjelajah sebagai pendeteksi obyek.
Gambar2. Blok diagram sistem pengendali yang ada dalam robot
Pengendalian robot mengunakan PC/Notebook yang dilengkapi dengan kartu Wi-Fi. Kamera pada robot menangkap gambar, lalu dikirimkan ke laptop malalui jaringan. Dari Laptop, kita juga bisa mengirim perintah yang nantinya akan diolah oleh mikrokontroler untuk mengendalikan gerak dan membaca sensor.
Gambar3. Fitur hasil data aplikasi wi-fi pada robot yang dilengkapi camera
Dari fitur pada gambar 3, tampak bahwa hasil penangkapan gambar melalui kamera akan tampil pada software di gambar 3. Selain itu, beberapa perintah dari software diatas mampu dikirim ke robot sesuai dengan perintah masing-masing.

IV. Bentuk aplikasi Wi-Fi pada sistem kendali robot.
Sistem kendali robot ini dapat diaplikasikan antara lain untuk:
• Robot penjelajah di tempat-tempat yang sulit dijangkau atau berbahaya
Gambar4 robot penjelajah dilengkapi kamera dan gripper
• Robot yang dapat menginterpretasikan keadaan di sekitar robot, dan mendeteksi besaran fisik tertentu seperti suhu, jarak.
Gambar5 Blok Diagram kerja sensor
• Robot yang berfungsi sebagai pengantar (carrier) di dalam kantor yang memiliki fasilitas Wi-Fi atau alat bantu pendistribusian komponen produksi di industri manufaktur.
Gambar6 Robot dilengkapi gripper untuk mencengkram objek

V. Apa manfaat sistem pengendali Wi-Fi ?
Sistem pengendali Wi-Fi mempunyai kelebihan dibanding sistem pengendali lain (infra red atau kabel), yaitu:
• Memiliki transmisi radio beradius kurang lebih 300 meter.
• Memiliki frekuensi radio yang termasuk jalur ISM (ISM band, Industrial Science and Medical band) sehingga tidak perlu ijin frekuensi.
• Memiliki tingkat security yang cukup tinggi, sehingga hanya pihak yang berwenang saja yang dapat mengakses sistem.

VI. Penutup
Sistem pengendali jarak jauh akan semakin berkembang dan banyak digunakan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dimana manusia membutuhkan kemudahan dalam proses kerja yang cepat, data akurat, harga terjangkau dan aman bagi keselamatan kerja. Sistem pengendali Wi-Fi adalah inovasi dari sistem kendali yang berbasis pada penggunaan frekuensi ISN. Akhir kata penulis berharap bahwa aplikasi sistem kendali dan pengembangannya akan membuka jalan untuk adanya teknologi baru yang bisa diciptakan, demi kemajuan bangsa kita, Bangsa Indonesia.

6 comments:

Anonymous said...

Salam Kenal Mas Saya tertarik dengan artikel robot diatas,dan saya ingin tau lebih jauh lagi secara detil mengenai konsep robot tersebut dan saya rencananya ingin membuat skripsi seperti itu, apakah kira2 mas bisa membantu skripsi saya, kalo bisa tolong saya email ke zildji321@yahoo.co.id , sebelumnya saya ucapkan banyak terimaksih

Unknown said...

Salam kenal,saya berencana membuat robot seperti yang anda buat tapi saya mengalami kesulitan di bagian kontol dengan WIFI nya. jika tidak keberatan saya ingin minta tolong kesediaan Mas untuk membantu saya. Tolong email ke riz4l_gila@yahoo.co.id. Terimakasih sebelumnya.

gamar said...

salam kenal..setelah membaca artikel robot pada blog ini.Saya bermaksud ingin mendalami tentang dasar2 sistem kendali yg dipakai dalam pengendali robot memakai teknologi wifi ini.Dan juga software2 apa saja yg dipakai dlm sistem kerjanya.saya memerlukan data2 yg lebih lengkap lagi untuk keperluan tugas akhir saya yg berhubungan dengan robotika.tolong kirim ke email saya di:gamar_fragma07@yahoo.co.id.
terima kasih...

wahyu said...

salam kenal....
saya tertarik dengan artikel tersebut,karena itu saya bermaksud mempelajari sistem kontrol jarak jauh.tolong kirim ke email saya dhi_wahyu@yahoo.com
terima kasih sebelumnya.....

Anonymous said...

salam kenal Mas....
saya tertarik dengan artikel tersebut,kalau berkenan tolong kirim ke email saya elka_junior@yahoo.com
terima kasih sebelumnya.....

Unknown said...

wuuuih.... ini artikel yang saya cari nii... sistem kontrol jarak jauh, tolong kirim saya ya mas...
pj_syuhada@yahoo.com
trima kasih buaaanyak mas...:-D